IPW: Redam demo dengan Polwan cantik strategi jitu

Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane memuji keberadaan anggota polisi wanita (polwan) di garda depan selama demonstrasi penolakan kenaikan harga BBM merupakan strategi yang sangat efektif. Aparat kepolisian tampil elegan dalam menangani aksi demonstrasi.

“Ini strategi yang sangat efektif, dulu diterapkan pula oleh Kapolda Metro Jaya Mulyono Sulaiman, kemudian Yogyakarta, dan Surabaya. Ini sangat efektif,” kata Neta kepada merdeka.com, usai diskusi dengan tema ‘Catatan Kritis Penanganan Demonstrasi antara Penegak Hukum dan Perlindungan HAM’ yang digelar Sekretariat PB HMI, di Jakarta, Jumat (6/4).

“Strateginya jangan naik ke atas mobil, caranya cukup barikade saja,” tambahnya.

Menurut Neta, penggunaan polwan cantik juga memiliki pengaruh psikologi terhadap para demonstran. Untuk mendinginkan suasana dan sebagai negosiator. “Penting juga dengan pendekatan dengan pola-pola keibuan,” ujarnya.

Menurutnya, selama lima hari aksi demo menolak kenaikan harga BBM, massa telah merusak dan membakar 16 kantor polisi. Selain itu, empat mobil patroli dan satu motor polisi turut dibakar. Dan dalam demo BBM ini, Kapolsek Senen Kompol Iman Zebua dikeroyok massa hingga dirawat di rumah sakit.

“IPW mencatat aksi demo terjadi di 44 kota mulai tanggal 26 hingga 31 Maret 2012. Sedikitnya 523 demonstran dan 210 polisi luka. Sedangkan jumlah demonstran yang ditangkap mencapai 750 orang. Namun sebagian besar dilepas polisi setelah diperiksa,” papar Neta.

IPW menyayangkan aksi demo diwarnai dengan berbagai provokasi, baik dari kalangan mahasiswa ataupun aparat kepolisian. Sehingga benturan tak bisa dihindari dan akibatnya, sejumlah fasilitas umum mengalami kerusakan.

“IPW memberikan apresiasi pada Polri, dalam menangani aksi demo di depan gedung DPR RI dan tempat lainnya. Meski aksi demo melibatkan lebih dari 30 ribu massa, polisi berhasil mengatasi dengan elegan tanpa ada korban meninggal. Polisi cukup sabar dalam mengendalikan massa,” tambah Neta.

“Cara-cara dan strategi ini patut untuk dipertahankan Polri, sehingga tidak ada korban. Baik itu dari demonstran dan aparat kepolisian sendiri,” tutupnya.

Lihat Berita Terbaru di : www.merdeka.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: